Edukasi

Anak Mondok, Sinergi Wali Santri dan Guru


23 hari yang lalu


anak-mondok-sinergi-wali-santri-dan-guru

Pendidikan di pesantren memberikan warna dan pengalaman yang penting bagi anak. Berbagai dinamika tentu akan dialami oleh santri. Nah, apa saja yang perlu dilakukan oleh orang tua atau wali santri dan pihak guru untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan anak di pesantren? 

Yang harus dipahami adalah pentingnya rasa percaya yang tinggi. Sebab, ketika adanya hubungan yang harmonis ini, rasa kepercayaan itu muncul, jadi tidak mudah kemudian emosi atau menyalahkan para guru dengan mudah. Sebab, sejak awal rasa kurang percaya itu dibangun dengan baik, dirajut dengan mesra, serta harmonis dengan guru.

Tumbuhnya trust atau rasa percaya ini menjadi sangat penting jika orang tua tahu bagaimana sistem pendidikan yang berjalan di lembaga pendidikan tersebut.

Karena itu, hubungan yang baik dan kerja sama yang baik akan mampu menjaga trust ini. Dengan demikian, apabila ada masalah dengan anak kita, hal ini dapat dengan mudah kita selesaikan bersama.

Di sisi lain, seorang pendidik harus pandai melihat keistimewaan setiap santri, bagaimana kondisinya, dan apa cara untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam masalah belajarnya.

Jika hubungan baik antara guru dan wali santri ini terjalin, semua pihak bisa ikut serta menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam mengatasi cara belajar santri. Yang terpenting adalah sinergi dan kerja sama. Ini selalu diperlukan sebagai dukungan tambahan dalam pendidikan anak-anak. Jadi, wali santri harus ikut serta di dalamnya.

Kesimpulannya, keberhasilan pendidikan para santri atau anak-anak kita amat bergantung pada pola pengasuhan, pengajaran, serta kerja sama yang baik antara guru/pihak pesantren dan wali santri. Apabila hal ini dapat terwujud, diharapkan kualitas pendidikan serta kualitas santri bisa tercapai.