Nurul Falah

Dibimbing Para Pemateri Andal, Santri Tahfidz Leader Ikuti Latihan Kaderisasi Nurul Falah


2 hari yang lalu


dibimbing-para-pemateri-andal-santri-tahfidz-leader-ikuti-latihan-kaderisasi-nurul-falah

Nurulfalah.org –  Dalam rangka membentuk generasi pemimpin yang hafidz, visioner, dan berakhlak mulia, Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah menggelar Latihan Kaderisasi Nurul Falah (LKNF) pada Sabtu-Ahad, 14-15 September 2024. Kegiatan yang berlangsung penuh semangat itu diikuti oleh 18 santri Pesantren Tahfidz Leader Nurul Falah. 

Direktur Eksekutif Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Dr. KH. Umar Jaeni, M.Pd. turut memberikan motivasi dan sambutan dalam pembukaan acara tersebut. Ia menyampaikan, generasi calon pemimpin di masa mendatang harus memiliki visi yang kuat dan akhlakul karimah. ”Yang tidak kalah penting ialah mencintai Al-Qur’an sebagai tuntunan hidup agar menjadi manusia yang bermanfaat,” tuturnya.  

Spirit belajar dan komitmen kuat, lanjut KH Umar, perlu dimiliki oleh para calon pemimpin, terutama santri PTL Nurul Falah. Selain KH Umar Jaeni, acara ini juga dihadiri oleh Drs. KH Ali Muaffa, M.Ag. selaku pengasuh Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah, Asdir 1 Ustaz Imam Shonhadji, S.Pd.I., Asdir 2 Ustaz M. Toha Mahsun, S.S., serta musrif Pesantren Tahfidz Leader (PTL) Ustaz Suud Budi Ardiansah, S.Pd., serta Ustaz Salman Alfarizi, S.Hub.Int. 

Acara yang berlangsung penuh kebersamaan dan khidmat itu juga dihadiri oleh para trainer berpengalaman dan jajaran Nurul Falah. Di antaranya adalah Ustaz Asharis, S.Th.I., Ustaz Hilmi Muhammad S.R., S.H., Ustaz Akbar Trio Mashuri, M.Sos., Ustaz Subiyanto, M.Pd., Ustaz Achmad Fatkhurrozi, M.Pd., Ustaz H. Abdurrohim Hasan, M.Pd., Ustaz M. Ainun Najib, S.H. dan Ustaz Ahmad Syafi'i, M.Hum. 

KH Umar Jaeni berharap, kegiatan ini mampu membuka wawasan sekaligus memberikan pembekalan pengetahuan kepada para santri PTL Nurul Falah. ”Kalian harus jadi pemimpin yang baik dan mencintai Al-Qur’an," pesannya. 

Dalam kegiatan LKNF tersebut, para santri mendapat materi-materi yang komprehensif dari para trainer berpengalaman Nurul Falah dan ahli di bidangnya. Ustaz Hilmi, misalnya, memberikan materi tentang Nurul Falah. Sementara itu, materi retorika Islam diberikan oleh Ustaz Akbar. 

Ustaz Toha memberikan pembekalan tema motivasi dari Allah, Ustaz Rozi tentang keorganisasian, sedangkan Ustaz Subianto membekali materi dengan tema citra diri. Ustaz Syafi'i membawakan materi bertema Rasullullah sebagai suri tauladan. 

Tak ketinggalan, materi tentang team building diberikan oleh Ustaz Rohim dan Ustaz Najib. Sementara materi ilmu tahfidz diberikan oleh Ustaz Salman. 

Para santri PTL Nurul Falah mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan tekad kuat. Mereka sangat bangga dan berterima kasih karena bisa mendapatkan ilmu yang luar biasa dari para ahlinya. 

Sakhowi, salah satu santri PTL Nurul Falah, turut memberikan kesannya. ”LKNF tahun ini sangat keren dan sangat berkesan bagi saya karena para pematerinya andal dan topiknya ’daging’semua,” tegasnya. 

KH Ali Muaffa juga memberikan pesan kepada para santri PTL Nurul Falah. ”Ilmu yang telah didapatkan bersama harus dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari dan tidak hanya didengar saja,” pesannya. 

Ia menambahkan, para santri tersebut semakin beristiqamah di pesantren ini. Hal ini mengingat bahwa mereka adalah yang terpilih menjadi pejuang tahfidz di antara sekitar 3.600 mahasiswa di Surabaya.